Siapa aku ini?

Anda mungkin sering mendengar tentang pentingnya pemahaman akan diri sendiri. Siapa pun memang harus mengenal dirinya sendiri. Namun, pemahaman diri tersebut tidak bisa dicapai dengan mudah. Secara terus-menerus kita harus menggali siapa diri kita, secara mendalam.
Jika hanya sekedar menjawab pertanyaan tentang identitas diri, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan dan sejenisnya, kita mungkin tidak akan mengalami kesulitan. Namun, sebenarnya pahamkah kita terhadap diri kita sendiri? Siapakah kita sebenarnya? Untuk apa kita lahir dan hidup? Seperti apakah kehidupan kita nanti? Dan sebagainya. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan mendalam tidaklah semudah yang dibayangkan.


Siapakah aku ini?

Jika anda ditanya, "siapakah anda?", tentu akan ada beraneka jawaban dari setiap orang. Untuk membantu menjawab pertanyaan itu, sedikitnya ada etap sudut pandang yang dapat dijadikan landasan.
Dari sudut pandang spiritual setidaknya jawaban yang mungkin adalah sebagai berikut.
  1. Aku adalah makhluk ciptaan Allah yang disebut manusia.
  2. Aku diciptakan Allah sebagai tanda terbesar atas kuasa-Nya di muka bumi.
  3. Aku adalah manusia yang diberi tanggung jawab oleh Allah untuk menjaga, mengolah dunia sehingga berkembang dan berarti bagi kehidupan seluruh makhluk ciptaan Allah.
  4. Berdasarkan agamamu mungkin bisa diberi jawaban.



Sebenarnya ada cukup banyak sudut pandang lain, yang dapat menambah jawaban pertanyaan tentang "siapa diri kita", seperti halnya sudut pandang hukum, ekonomi, atau hak manusia.

21 comments:

  1. Kirain film jacky chan tadi sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anak rantau, lho kok bisanya jacky chan?

      Delete
  2. itu kok belakangannya ptc apaan sob? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @herry, ptc itu paid to click, dimana jika kita meng-klik iklan maka kita akan dibayar (hukum aksi reaksi). Dan untuk pemasangan ptc di setiap posting, q sengaja. Agar ada yang mau ikut.

      Delete
  3. who am i. . .??
    im the men who rule everything :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kaito, brarti udah nemuin jati diri yah? Selamat sob.

      Delete
  4. Bener juga sob, kadang kita sendiri juga tak suka bertanya tentang siapa kita ini. kunjungan balik.
    jangan lupa juga ikuti event Pasang Peta Berhadiahnya ya

    salam bahagia

    ReplyDelete
  5. setiap orang biasanya akan memberikan penilaian yg berbeda, tergantung dari sikap yg kita berikan kepada org tersebut, jangan tanyakan siapa kita, tapi sudah berbuat apakah kita :D

    ReplyDelete
  6. terlalu sulit memang bagi kita bila di beri pertanyaan siapa aku !!
    makasih untuk pencerahannya ..

    ReplyDelete
  7. belom nemuin nih,,,walau udah pake cara diatas,,hehe

    ReplyDelete
  8. gw bingung gw ini siapa

    naluri gw jadi engineer

    tapi nasib gw kuliah di birokrat


    mana birokrat pajak kata agama haram lagi.


    asli gw bingung. sumpah.

    ReplyDelete
  9. @anonim. Kalau kamu mau, kamu bisa sharing ke aku, ntar tak kasih penyelesaian.

    email aja dulu ke hariezg@gmail.com

    ReplyDelete
  10. lbh aneh aq..gk gila tp gk tw siapa aq

    ReplyDelete
  11. Mohon bantuan nya.. Yang di maksud disini atas menemukan jati diri ialah. Orang yg sudah kembali ke fitrah nya. Atau makrifatullah. Mohon penjelasan. pin:28391CEC

    ReplyDelete
  12. “Man ‘Arafa Nafsahu, Faqad ‘Arafa Rabbahu“ Terjemahannya kira-kira demikian, “Barang siapa mengenal diri (sejati)nya, maka Dia akan mengenal Tuhannya”.

    ReplyDelete
  13. siapa setuju diri kita sebenarnya 'nafs'..

    ReplyDelete
  14. MAN-USI-A
    MAN : MAN arofa nafsahu faqod arofa robbahu.
    USI : USIkum bitaquallohu faqod fajal muttaqun.
    A : Amma yatasa aluun....

    ReplyDelete
  15. ah teori
    coba kalo gak tahu kata allah, mau kenal apa, mau tahu apa

    ReplyDelete
  16. HArapaan dalam Hidup adalah kunci bahwa seseorang itu masih hidup atau masih memiliki keinginan untuk hidup.
    Wa merasa Hampa dalam hidup ini ketika wa jauh dari sang Khaliq ( Allah Sang Pencipta ) Namun entah kenapa wa selalu tersesat dalam kesalahan yang menyebabkan diri inimenganggung dosa,... Wa ngerti manusia tak pernah lepas dari kesalahan, ada Hitam ada putih kedua warna ini selalu ku gambarkan dalam kehidupan yang sedang dijalani ini.

    Next Word.
    Do you need Partner to chat ?
    Call/Sms/Wa
    > 081288338216 ( WA )
    > 085720934861

    ReplyDelete
  17. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top