Apa kalian pernah mengalami ketika membuka program aplikasi tetapi aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan??

Ok langsung aja ke TKP yah?!
Pernahkah kalian mengalami error, tidak dapat dijalankan, file corrupt dan aplikasi berubah bentuk?
Mungkin pada saat itu kamu sedang membutuhkan sekali program aplikasi tersebut namun, program aplikasi tersebut tidak dapat dibuka dan muncul tulisan file corrupt atau sebagainya. Pada saat seperti ini, bagi orang yang belum mahir atau hanya tahu cara memakai komputer tentu akan bingung dan berpikir kalau komputernya rusak. Bener gak?
Tapi berbeda dengan orang yang mahir atau setidaknya pernah membongkar komputernya, tentu kemungkinan paniknya sedikit. Nah, bagi yang belum mahir jangan berkecil hati. Asalkan kamu mau belajar, tekun dan sabar pasti bisa, insya Allah.

Penyebab program aplikasi tidak dapat dijalankan/dibuka adalah :

1. Manajemen Memory Bermasalah.
Memory RAM yang kita miliki haruslah sesuai dengan spesifikasi minimal program aplikasi tersebut. Sebagai contoh, kita meng-instal Adobe Photoshop dengan spesifikasi minimal RAM 256 Mb tetapi komputer kita hanya memiliki RAM 128 Mb. Tentu Adobe Photoshop tersebut tidak dapat dibuka karena memory RAM kita tidak mencukupi dan harus ditambah bila ingin membuka Adobe Photoshop tersebut.

2. Setting resolusi monitor bermasalah.
Resolusi monitor sangatlah berpengaruh pada suatu program aplikasi, apalagi program aplikasi untuk desain grafis. Sebagai contoh, kita akan meng-instal game point blank yang memiliki resolusi 1024X800 dan kartu grafis atau VGA kita hanya support 800X600. Walaupun kita memiliki monitor yang beresolusi tinggi, tetapi kartu grafis kita belum cukup maka game point blank tersebut tidak dapat dijalankan. Kalaupun bisa dijalankan, maka layar monitor akan nge-blank.

3. Instalasi program yang tidak lengkap.
Sebagian besar jika aplikasi tidak bisa dibuka adalah karena hal ini dan ketika dibuka maka muncul pesan error atau file corrupt atau sebagainya. Penyebab hal ini kemungkinan disebabkan oleh :

a. Proses Download yang belum selesai
Jika kita men-download aplikasi melalui tool download bawaan dari browser hal yang paling menjengkelkan yaitu proses download yang belum selesai tetapi oleh browser kita dikatakan sudah selesai. Hal ini tentu akan berpengaruh pada proses instalasi, karena file yang di-instal belum lengkap dan tentu tidak dapat dibuka.

b. Ketika proses instalasi listrik mati
Kejadian seperti ini tentu sangat berpengaruh pada file yang kita instal, walaupun ketika listrik nyala dan komputer dinyalakan kembali sudah ada shortcut dari aplikasi tesebut, maka aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan karena proses instalasi belum selesai dan lengkap, untuk itu kita harus meng-instal ulang aplikasi tersebut.

4. File program aplikasi rusak, hilang, terkena virus, atau berpindah folder.
Hal ini tidak akan saya jelaskan panjang lebar, karena kamu sudah saya anggap tahu dan yang akan saya jelaskan hanya aplikasi tersebut terkena virus. Jika suatu aplikasi terkena virus maka aplikasi tersebut akan berubah extensinya. Contohnya : ketika kita men-download Adobe Photoshope yang ketika di download ber-extensi .exe dan setelah di instal jika program aplikasi Adobe Photoshope terkena virus, maka virus itu akan merubah seluruh struktur extensi dari Adobe Photoshop. Sehingga, ketika kita akan membuka Photoshop yang harusnya ber-extensi .exe namun karena sudah dirubah oleh virus menjadi ( contoh ) photoshop.vir komputer kita tidak dapat membuka aplikasi tersebut.

Ya, itu adalah penjelasan atau lebih tepatnya diagnosis mengenai mengapa program aplikasi tidak dapat dijalankan. Untuk solusi, kalian cari sendiri makna dari diagnosis tersebut.


Akhir kata Assalamu'alaikum pareng.

58 comments:

  1. . . huhh,, emank sebel banget kalo punya aplikasi gak bisa digunakan lagi. huhh. mgkn bagi aq jln 1-1 nya di apuz n cari lagi. he..86x . .

    ReplyDelete
  2. hihihi ... berarti sekarang yg bermasalah malah hp ente sob, aduh... cepetan deh dapetin gantinya. okeh :p

    ReplyDelete
  3. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ wah itu cara pintas paling maknyus. hehehe

    ReplyDelete
  4. @Stupid monkey bukan hapenya donk, tapi semua koneksi under ( handler ) three lagi dead dulu...

    ReplyDelete
  5. hmmm.. nice tips bro:) thanks for sharing, happy blogging :D

    ReplyDelete
  6. baru tau,
    kalo aplksi gak jalan, aku mah tinggalin aj..atw minta temen yg bantuin,gk brani ngutak atik sndri
    =P

    ReplyDelete
  7. Wah q sering bget ngalamin hal serupa sob. Tp yg paling parah dan aku benci adalah lagu lagu mp3 dalam MMC q sering rusak/corrupt. . Folder sering di gandakan menjadi dua, dan msh bnyak lagi. . Q benci, apa lagi hpku java, jd gk bs pasang anti virus, kalau hrus di scan pke kompuTer tp q gk punya koMpuTer. .ada solusi gk sob bwat hp javaku, yg mem0ri card.ku mgkn udh di huni bnyak virus. . ! Oya sob, q buka blogmu ya pke hp sob. Udh gt hpku java yg hanya bersenjata GPRS doank.. Huh. .layar jg cuma 128 x 160, bs bayangin kan betapa jadulnya hpku. Nokia c2-00.

    ReplyDelete
  8. ou memori juga bisa memmicu ya gan. baru tau ane. makasih gan. untungya ane ga pernah kena kaya gini.

    ReplyDelete
  9. ane juga sebel aja kalu ud kaya gini gan. maunya marah aja. ou ternyata yang menyebabkan banyak juga ya masalahnya. tenkyu gan.

    ReplyDelete
  10. @Ahmad Zuhdi Travelife sama-sama sob!

    ReplyDelete
  11. @octarezka wkwkwkwwk tapi sekarang udah berani kan??

    ReplyDelete
  12. @Noer rachman twiboyz ah iya iya iya, aku juga ngalamin hal yang sama dengan kamu,, tapi bedanya aku pake hp S60v2 jadi nya bisa dihapus virusnya tanpa di pasangi antivirus....

    hp kamu emang kayak hp temenku... untuk lagunya,, kamu bisa pisah-pisah aja dalam berbagai folder. jadi tidak terlalu berat ketika reload lagu mp3 nya. untuk membersihkan virus, saran saya kamu pake blueFTP sejenis aplikasi mirip x-plore di symbian... nah ntar kan ada folder 'reycle' yang itu dihapus aja, kalu nda' folder yang mencurigakan di hapus aja.

    sama juga sob, aku juga belum punya kompi, paling pake hp N70. punya CPU tapi tak punya monitor wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. @cerita anak kost selamat komp[uter anda berarti belum berpengalaman. wkwkwk

    ReplyDelete
  14. @Peduli Alamku sama-sama gan!!

    ReplyDelete
  15. Met mlm sobatku. .folder Reycle apa'an sob? Gak ada tuh? Apakah folder itu cuma bs dibaca oleh blueFTP? Apakah lagu2 yg bnyak disimpan di 1 folder bisa menyebabkan mp3 rusak sob? Q tggu jwbanMu. Thank9

    ReplyDelete
  16. @Noer rachman twiboyz folder reycle itu adalh folder sampah, yang hidden ( tersembunyi ) jadinya gak bisa dibaca kecuali di ijinkan...
    reycle ini tempat kamu ngehapus semua data. bahkan film boke* ada, tapi datnya doang...
    kan sekarang ada virus yang bisa tinggal di reycle.

    memisahkan mp3 ke dalam subfolder hany untuk mempercepat load lagu aja.. agar tidak tabrakan.

    ReplyDelete
  17. sering banget ngalamin, klu gue langsung nyerah z..soalnya gak ngerti juga mau diapain..makasihnya atas postingannya^^

    ReplyDelete
  18. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . kalah pak bondan. he..86x . .

    ReplyDelete
  19. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ bondan prakoso??

    ReplyDelete
  20. Kenapa ya program di kompie gw ga bisa dibuka walau udah di klik 2x ataupun klik+enter ??
    Biasanya klo udah klik 2x itu kan langsung kebuka, tapi ini ga bisa. Kaya ga di kilk aja...jadi tu program ga mau keluar...

    Tu Program kayanya ngerespon, soalnya waktu di-klik ada jam pasir keluar sebentar, tapi abis itu udah.....loading jam pasir ilang...program ga kebuka....Dan ga ada tulisan error apapun.

    HELP............!

    ReplyDelete
  21. @awan kalo boleh tau itu pake OS apa yah ?
    Tapi biasanya jika terjadi kyk gitu penyebabnya yaitu :
    1. File corrupt ( instal lagi aja )
    2. Harddisk eror
    3. SO corrupt atau karena virus.
    4. Memory bnyk kepakai.

    apa semua aplikasi kyk gitu ?
    untuk jelasnya kirim email ke hariezg@gmail.com ntar tak kasih cranya mengatasi

    ReplyDelete
  22. yg Manajemen Memory Bermasalah gimana ngatasinnya? saya install adobe photoshop tpi ga bisa dibuka ktanya memory could not allocated..

    ReplyDelete
  23. @anonim maaf baru membalas komentar anda...

    emory could not alocated mungkin dikarenakan RAM sudah penuh

    ReplyDelete
  24. gan potoshop ane bermasalah .... dulunya memang pernah menginstal adobe colection yang trial
    apakah photosop yg mandiri ini terkontaminasi ya ... sebab potoshop yg mandiri ini sama versinya dengan adobe collection trial ...

    ReplyDelete
  25. mo tnya dong mas?memori camdig sya folder'a ga mau ke buka tpi pas mau di upload di fb tu malah bsa?mksud'a memori'a tu mau di pndahin ke kaset cd,
    pa kna virus ya?tpi yg kena virus tu apa'a mas?lptop'a pa mmori'a ??
    mkasih

    ReplyDelete
  26. @Anonim telat yah jawabnya ??


    paling laptopnya kena virus

    ReplyDelete
  27. gan,kenapa ya pas ane pencet aplikasi gakebuka terus? ,padahal gaada tanda error apapun

    ReplyDelete
  28. Gan, pas ane mau buka gam black ops 1 tapi malah keluar bacaan "run in safe mode?" Ane coba klik yes, no, gabisa kebuka juga, tolong jelasin gan

    ReplyDelete
  29. kalau masalah aplikasi yang seperti itu sih mudah.. udah tahu lah caranya... tapi ada masalah yang selabih serius lagi... seluruh aplikasi berubah bentuk menjadi blank putih..
    bahkan membuka aplikasinya memerlukan cara dengan "open with". bayangkan, hingga kemudia aplikasi yang digunakan tidak dapat lagi menggunakan "open with" untuk membuka aplikasi. seluruh aplikasi yang bersifat exe tidak dapat dibuka. bahkan w.s office pun tak mampu dibuka. gimana tuh caranya..
    dulu ini pernah terjadi pada komputer saya ketika mengunduh file yang memerlukan aplikasi tertentu untuk membukanya. tetapi malahan semua aplikasi berubah bentuknya. yang saya ingat file ini saya unduh di 4shared.

    bahkan, kita menjalankan aplikasi barus tidak dapat, selain itu, untuk mengembalikan program sebelumnya dengan back up pun tak mampu di jalankan. dengan keterangan:
    - "rundll32" no support.
    - "msdt" no support.
    pokoknya yang diserang adalah sistem program 32. ini bukan virus, tetapi programan.
    saya bingung dari dulu sampai sekarang untuk mengantisipasi dan memperbaiki. sehingga jalan 1-1nya instal ulang.

    ReplyDelete
  30. waahhh utung gw baca nih infonya .. Thanks yakkk :))))))))))))

    ReplyDelete
  31. mohon bantuannya,setelah instal window xp sp2 kenapa foto (jpeg) tidak bisa terbuka sebagian dan video (mpeg) tidak bisa di putar hanya yang AVI saja dapat di putar,padahal sebelum nya data dibackup dulu.trims

    ReplyDelete
  32. gan pliss gan kan ane instal tw shogun 2 nah pas ane mau buka kok gak bisa kebuka udh ane klik 2 kali gak ada respon samasekali itu kenapa? padahal ane udh instal ulang ..

    ReplyDelete
  33. @anonymouse atas gue.

    itu Programnya lagi Loading kali.

    emang Spek Laptop/Komputer kamu apa ?

    ReplyDelete
  34. @haris : kalo loading pasti kebuka kan aplikasi nya? lah klo ini udah di klik 2x gak mau jalan aplikasi nya... komp ane ram 4giga

    ReplyDelete
  35. @@anonymos atas saya lagi.

    apa sudah yakin file yang terinstal komplit ?

    ReplyDelete
  36. @haris : kayak nya sudah komplit pake kaset..tapi kok pas saya ke toko kasetnya bisa :/

    ReplyDelete
  37. wahhh sangat bermanfaat gan , thank..
    di tunggu kunjungannya di web ane = http://www.kharis.web.id

    ReplyDelete
  38. klo app d hp,,misalnya LINE,playstore,youtube,gmail, g bsa di buka itu solusinya gmn,, pdhal dulu bisa,,tp skrg g bsa d buka,,typ d buka sllu dpt pringatab,,syangnya LINE telah berhenti,, sya bingung,,otak atik ttp g bisa,pernah q hpus,tp g bisa download lgi gra2 playstorenya jg g bisa d buka,, apa anda tau solusinya,,, mohon bntuannya z,,,

    ReplyDelete
  39. @ayucinta huang zitao
    coba cek dulu koneksi internetnya, Kuotanya, Sinyalnya.

    kan gak bisa buka Playstore ?

    ReplyDelete
  40. Mas sy kirim pertanyaan via email

    ReplyDelete
  41. Mas haris. Sy kirim pertanyaan via email. Soalnya uraiannya panjang. Mohon pencerahannya mas. Ditunggu thx

    ReplyDelete
  42. Mas mainboard saya merk gigabyte GA-M57SLI-S4. Apakah bisa digunakan untuk crossfirex untuk jenis dual vga sapphire hd 7950 oc

    ReplyDelete
  43. Mas mainboard saya merk gigabyte GA-M57SLI-S4. Apakah bisa digunakan untuk crossfirex untuk jenis dual vga sapphire hd 7950 oc

    ReplyDelete
  44. Mas mainboard saya merk gigabyte GA-M57SLI-S4. Apakah bisa digunakan untuk crossfirex untuk jenis dual vga sapphire hd 7950 oc

    ReplyDelete
  45. Mas mainboard saya merk gigabyte GA-M57SLI-S4. Apakah bisa digunakan untuk crossfirex untuk jenis dual vga sapphire hd 7950 oc

    ReplyDelete
  46. Mas mainboard saya merk gigabyte GA-M57SLI-S4. Apakah bisa digunakan untuk crossfirex untuk jenis dual vga sapphire hd 7950 oc

    ReplyDelete
  47. Mau tanyak ni boy,,,, Aplikai browser saya
    seperti Mozilla,, google... ga bisa dibuka boy
    padahal udah berapa kali saya uninstal dan install ulang lagi aplikasi itu tapi masih aja tetap ga bisa dibuka dan di jalankan,, udah saya coba juga hapus file aplikasinya kemudian sya download ulang lagi aplikasin ya dan di installkan lagi tapi hasilnya tetap sama tetap ga bisa dibuka,,, tu gimana solusinya boy.

    Mohon Bantuan nya

    Thanks

    ReplyDelete
  48. Gan bisa mengatasi photoshop tidak bisa di buka karena memori tidak dapat dialokasikan ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  49. admin , bagaimana cara mengatasi aplikasi yang susah kebuka ? saya sudah beberapa kali klik , tapi software nya gak bisa dibuka :( terutama share it

    ReplyDelete
  50. Baru gwa pakai beberapa hari, udah ga bisa lg gwa buka aplikasi indesign, malah penting banget lg.

    ReplyDelete
  51. Gua masih pake nokia c3
    Ntah kenapa setiap buka aplikasi yang habis di download gak pernah bisa
    Selalu menutup aplikasi padahal belum masuk sama sekali

    Solusinya dong

    ReplyDelete
  52. Maaf gan saya mau tanya, kenapa saya ga bisa buka menu pengaturan/setelan di Blackberry z10? Kalo setiap di buka selalu ada bacaan QML eror.. tolong bantuannya

    ReplyDelete
  53. Maaf gan saya mau tanya, kenapa saya ga bisa buka menu pengaturan/setelan di Blackberry z10? Kalo setiap di buka selalu ada bacaan QML eror.. tolong bantuannya

    ReplyDelete
  54. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top