Header di ibaratkan sebuah kepala dari Blog dan Website. Header sendiri memiliki banyak kegunaan, seperti :

1. Untuk memberi identitas pada Blog dan Website
Header pada umumnya digunakan untuk menunjukan suatu identitas dari Blog dan Website, seperti nama, diskripsi Blog dan Website dan sebagainya.

2.  Sebagai Media Promosi
Banyak sekali ditemukan sebuah blog dan website yang memanfaatkan headernya sebagai media promosi untuk iklan, menyediakan space iklan untuk disewakan dan sebagainya.

3. Untuk memberikan nama Blog dan Website

Hampir sama seperti memberi identitas pada Blog dan Website. Namun memberikan nama Blog dan Website yang dimaksud adalah pemberian nama menggunakan Teks atau Tulisan biasa.

Saat ini, Header pada Blog dan Website adalah menu wajib yang harus ada. Oleh karena itu, sekarang banyak ditemukan blog dan website dengan header yang semakin menarik dan tentunya kreatif. Berikut ini akan saya berikan tata cara mengganti header pada Content Management System ( CMS ) DrupalContent Management System ( CMS ) Drupal yang saya gunakan disini adalah versi Drupal 7.26 dengan menggunakan thema standar bawaan dari Content Management System ( CMS ) Drupal, Thema Barktik 7.26. 

Sebelum memulainya, saya harapkan agar Anda sudah Login dan mempunyai Hak Akses untuk merubah segala sesuatu di Content Management System ( CMS ) Drupal. Baik, Langsung kita mulai saja.

1. Pada Menu admin, Klik Appreance lalu klik settings pada thema yang digunakan. Lihatlah Gambar dibawah ini.

2. Setelah itu akan muncul tampilan baru dan pada tampilan itu, gulirlah scroll kebawah hingga menemukan sebuah tulisan LOGO IMAGE SETTINGS  sesuai dengan gambar di bawah ini.

3. Lalu, uncheck Use the Default logo. Jika Sudah di uncheck maka akan muncul menu baru seperti dibawah ini.



4. Pilih dan Klik Choose File pada Upload logo image. Maka akan muncul sebuah windows explorer baru untuk memilih header yang akan dipakai, jika sudah lalu klik saja Save Configuration.

5. Setelah diklik save configuration, lihatlah blog dan website Anda. Lihatlah Headernya sudah berubah namun masih ada hal yang kurang sedap dipandang mata, yaitu tulisan nama Situs dan Diskripsinya.

6. Untuk menghilangkan tulisan nama Situs dan Diskripsinya. Kembalilah ke menu Appreance dan kembali Klik settings  pada thema seperti pada langkah nomer 1. Jika sudah maka carilah tulisan TOGGLE DISPLAY. Lalu lakukan uncheck pada site name dan site slogan setelah itu klik save configuration.

7. Lihatlah kembali ke situs blog dan website Anda, Lihatlah hasilnya. Tulisan Nama dan Diskripsi situs sudah hilang dan juga lebih enak dipandang mata.


Begitulah langkah-langkah untuk mengganti header pada Content Management System ( CMS ) Drupal. Namun perlu diingat, thema yang saya gunakan adalah thema default dari Content Management System ( CMS ) Drupal Versi 7.26 yaitu Barktik 7.26. Biasanya setiap thema berbeda pada penempatan headernya, tetapi pada umumnya langkah untuk mengganti headernya adalah sama. Jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin mengganti header pada thema selain Barktik 7.26.

1 comments:

Hi! :)

 
Top