Contoh Pidato Manfaat Ilmu, Pidato Manfaat Ilmu, Manfaat Ilmu Oleh Haris Widodo


PIDATO
MANFAAT ILMU

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Dewan juri yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan, Rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul tanpa ada halangan suatu apapun.

Sholawat serta salam Allah senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa kita kepada jalan yang benar. Semoga kita semua mendapatkan syafa’atnya kelak di yaumil akhir.

Saudara-Saudara, sejatinya ilmu itu apa ?

Sebelum melanjutkan pidato ini, baik kiranya saya menyampaikan syair  dari sebuah tembang jawa yang berjudul Wulang Reh.  Begini syairnya : Ngelmu iku kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangekese durangkara. Artinya ilmu itu bisa dipahami/ dikuasai harus dengan cara, cara pencapaiannya dengan cara kas, artinya kas berusaha keras memperkokoh karakter, kokohnya budi (karakter) akan menjauhkan diri dari watak angkara.

Ilmu adalah segala sesuatu yang bisa dipelajari dan bisa memberikan manfaat bagi yang mempelajarinya, itu adalah ilmu yang baik. Semua orang berhak mencari dan mendapatkan ilmu. Bahkan dalam islam mencari ilmu hukumnya adalah Wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan, seperti dalam sebuah hadist yang shahih. Kurang lebih begini bunyinya : Utlubul Ngilma Walaufissin yang artinya “Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China.”

Begitulah Islam mewajibkan setiap manusia untuk mencari ilmu. Ingat saudara-saudara, agama islam mewajibkan setiap manusia dalam mencari ilmu bukan hanya iseng saja, bukan hanya untuk hiasan saja, akan tetapi ada maksud besar yaitu manfaat dari Ilmu itu sendiri. Ini sangat menarik untuk dibahas saudara-saudara.

Ilmu bukan hanya pengetahuan saja, namun ilmu juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Salah satu manfaat terbesar dari ilmu adalah, kita bisa tahu apa yang sebelumnya kita tidak ketahui. Coba, saudara bayangkan jika saudara hidup di dunia ini tanpa Ilmu. Saya yakin dengan seyakin-yakinnya saudara akan menjadi manusia paling bodoh di dunia ini. Seperti contoh kecil, Ilmu dalam menggunakan pakaian. Apa jadinya jika kita tidak tahu cara berpakaian dan apa itu pakaian begitu juga kenapa kita harus memakainya. Bisa Saudara bayangkan apa yang akan terjadi ?

Selain Manfaat terbesar tadi, ada juga manfaat ilmu yang lainnya. Seperti :
  1. Dengan Ilmu kita bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.
  2. Dengan ilmu juga, kita bisa memperkirakan apa yang akan terjadi nanti seperti dalam hal nyatanya adalah memperkirakan cuaca. 
  3. Ilmu merupakan warisan yang sangat berharga, karena dengan ilmu kita bisa membuat barang-barang mewah dan tentunnya berharga. Seperti perhiasan, kendaraan, pakaian, dll
Masih banyak manfaat ilmu yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Pada intinya, kita sebagai manusia makhluk yang diciptakan oleh tuhan dengan sempurna jangan sampai kita menjadi makhluk paling rendah karena tidak berilmu dan tidak juga berusaha mencarinya. Ingat saudara-saudaraku, Ilmu Bukan sekedar teori belaka, namun ilmu merupakan anugerah dari Tuhan dan kita wajib untuk mengamalkannya.

Demikian pidato dari saya, semoga ada manfaatnya, khususnya untuk diri pribadi, umumnya untuk semua manusia. Kiranya cukup sekian bila ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhirul kalam.

wassalamualaikum wr. Wb

2 comments:

  1. Sangat menginpirasi, Tmbahan nih mas, menuntut ilmu, tidak mengenal usia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. U're Welcome :)

      Iya bener itu, menuntut Ilmu tidak mengenal Usia (h)

      Delete

Hi! :)

 
Top