"hidup itu abstrak"

 Banyak ahli filsafat yang mendeskripsikan hidup, berbagai macam arti hidup pun telah banyak dibuat. Tetapi tidak ada satupun yang sesuai dengan kenyataan, seperti "hidup itu indah" apakah semua orang yang hidup selalu mendapatkan yang indah? "hidup adalah cinta" jika hidup itu cinta, kenapa ada manusia yang berperang dan saling membunuh? Dan masih banyak lagi.

Tapi, seseorang memandang arti hidup itu sebenarnya tergantung pada dirinya sendiri, lingkungan dan keadaan sosial. seorang yang kaya, mendefinisikan bahwa hidup adalah banyak harta yang melimpah. Apa mungkin pengemis mendefinisikan hidup sama seperti orang kaya itu? Lalu seorang raja mendefinisikan hidup adalah memerintah, dan hidup dalam istana megah. Apa mungkin seorang pengawal atau prajurit mendefinisikan hidup seperti raja tadi? Oleh karena itu, definisi hidup yang pasti hanya orang itu sendiri yang tahu dan mengerti.

Nah, karena hidup itu abstrak dan tidak mengenal bentuk, maka kita lah yang memutuskan hidup kita seperti apa yang penting tidak membuat orang lain merasa risi akan hidup kita.

8 comments:

  1. hidup itu ketika kita masih bernyawa...jadi gunakanlah nyawa kita untuk hal-hal yang berguna jangan samapi saat nyawa diambil yang Kuasa dialam baka kita menyesali hidup

    ReplyDelete
  2. @riez bagus, tambahan buat di postingan saya.

    Thanks untuk kunjungannya

    ReplyDelete
  3. hidup memang harus punya makna karena dengan makna hidup kita akan tahu arti dari kehidupan itu sendiri...
    sukses slalu ya !

    ReplyDelete
  4. dan .. hidup cuma sekali jadi harus dinikmati dan disyukuri setiap hari, bagaimanapun keadaannya

    met tahun baru ya :)

    ReplyDelete
  5. Yang penting isilah hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain,, bangsa dan agama,,,

    ReplyDelete
  6. nikmati aja hidup ini dengan penuh syukur.,

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top