Keyboard laptop adalah sebuah perangkat input berupa papan yang digunakan untuk memasukan input data berupa text, simbol dan angka. Selain itu keyboard juga berfungsi sebagai shortcut atau papan pintas yang digunakan untuk membuka suatu Aplikasi di Laptop seperti untuk membuka start “run” dengan cara mengetikan logo windows + tombol R, untuk menghapus karakter, file dan sebagainya. Karena Keyboard pada Laptop merupakan bagian yang cukup penting maka Anda harus menjaganya agar tidak rusak. 

Cara Menjaga Keyboard Laptop sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri. Menjaga Keyboard Laptop dengan cara yang paling ampuh adalah dengan membersihkan Keyboard Laptop dari debu, kotoran kecil, bekas penghapus, serabut kayu dan sebagainya agar keyboard Laptop terjaga kebersihannya. Berikut ini akan dijelaskan cara membersihkan Keyboard Laptop yang ampuh :

1. Menggunakan Cairan Pembersih Keyboard Laptop

Cairan pembersih Keyboard ini menggunakan bahan khusus yang dapat mengangkat kotoran dari Keyboard Laptop, terutama debu. Cairan Pembersih Keyboard Laptop ini tidak berbahaya bagi laptop asalkan Laptop dalam keadaan mati saat di bersihkan. Cara penggunaan Cairan Pembersih Keyboard Laptop ini pun cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan cairan ke kain yang akan digunakan untuk membersihkan Keyboard Laptop lalu usapkan kain tersebut secara pelan-pelan dan merata hingga Keyboard Laptop bersih dari Debu dan Kotoran.

2. Menggunakan Kain tanpa Cairan
Cara kedua ini menjadi alternatif jika cara pertama tidak dapat dilakukan. Membersihkan Keyboard Laptop dengan kain kering merupakan cara yang ampuh. Namun perlu di ingat, agar Anda memastikan Laptop Anda dalam keadaan mati. Cara menggunakan Kain kering untuk membersihkan Keyboard Laptop hampir sama seperti cara yang pertama. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar di bawah ini.

3. Menggunakan Kuas

Cara ketiga adalah dengan menggunakan kuas, cara penggunaannya pun mudah dan bisa dibersihkan pada kondisi Laptop sedang menyala. Cara menggunakannya adalah dengan menggosok Keyboard Laptop dengan kuas sampai debu dan kotoran menghilang. Namun membersihkan Keyboard Laptop dengan kuas kurang saya rekomendasikan, karena Debu dan Kotoran bisa masuk ke sela-sela keyboard Laptop dan bisa membuat Keyboard error bahkan rusak.

4. Menggunakan Vacum Cleaner Mini.

Cara yang ke-empat adalah menggunakan Vacum Cleaner Mini. Menggunakan Vacum Cleaner Mini untuk membersihkan Keyboard Laptop dari Debu dan Kotoran merupakan Cara yang paling saya rekomendasikan Apalagi jika digabung dengan menggunakan Cairan pembersih Keyboard Laptop. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengarahkan penyedot Vacum Cleaner ke Arah keyboard Laptop yang berdebu dan Kotor, ulangi cara ini sampai Keyboard Laptop Anda benar-benar terbebas dari debu dan kotoran. Harga dari Vacum Cleaner Mini ini cukup murah yaitu sekitar Rp 30.000 – Rp. 50.000 dan bisa Anda gunakan Berkali-kali.

5. Melepas Tombol-Tombol Keyboard.

Cara kelima ini Sangat Tidak Saya Rekomendasikan kecuali Anda siap menanggung Resikonya. Melepas Tombol - Tombol  Keyboard Laptop adalah cara yang sangat Ampuh untuk membersihkan Kotoran dan Debu yang masuk kesela – sela Tombol Keyboard, sesuai dengan resiko yang tinggi, maka hasilnya pun akan lebih baik daripada menggunakan Vacum Cleaner Mini dan untuk hasil yang terbaik adalah dengan menggabungkan Vacum Cleaner Mini + Cairan Pembersih Keyboard. Untuk cara melepas tombol keyboard, Anda bisa mencari sendiri di Internet karena saya tidak akan Bertanggung Jawab dengan resikonya. Namun, jika Anda sudah siap dengan Resikonya, Anda bisa menghubungi saya melalui link Contacts

6 comments:

Hi! :)

 
Top