Berapa Lama Usia Hardisk ? 
Media Penyimpanan fisik yang satu ini memang masih diandalkan hingga saat ini, meskipun sudah ada SSD, akan tetapi karena harga SSD masih mahal maka banyak yang tetap menggunakan Hardisk sebagai media penyimpanan utama pada komputer dan laptopnya. Hardisk sendiri terdiri dari kepingan “disk” yang akan berputar jika digunakan. Karena kepingan “disk” ini terus berputar, maka jangan heran jika Anda menemukan hardisk tiba – tiba mati saat digunakan. Ya, inilah salah satu kelemahan hardisk dibandingkan SSD, maka dari itu Anda disarankan untuk membackup hardisk setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali ke media penyimpanan online seperti Google Drive dan sebagainya.

Lalu, berapa rata – rata usia hardisk ? 4 tahun ? 8 tahun ? 80 Tahun ?

Seperti yang dilakukan oleh “The online backup service” terhadap 25.000 hardisknya yang selalu digunakan, diperoleh hasil bahwa hardisk tetap bisa digunakan hampir 4 tahun, setelah melewati 4 tahun hardisk biasanya akan mulai mengalami error. Hardisk yang mulai error adalah hardisk dengan kelas “konsumen” yang banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Selain hasil yang diperoleh diatas, “The online backup service” juga menemukan bahwa hardisk memiliki tiga tingkat error yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

Pada 6 Bulan dan 1 Tahun Pertama 
Hardisk mengalami tingkat error (kegagalan) berkisar 5,1% per tahun pada setiap hardisk untuk kelas “konsumen”.

Pada 18 Bulan dan 2 Tahun Pertama 
Hardisk mengalami tingkat error (kegagalan) turun dari pada tahun pertama, yaitu berkisar antara 1,4% per tahun.

Pada 30 Bulan dan 3 Tahun Pertama 
Hardisk mengalami tingkat error (kegagalan) lebih melonjak dibanding tahun sebelumnya yaitu berkisar 11,8% per tahun.

Pada 4 Tahun terakhir 
Di 4 tahun terakhir inilah lebih dari 80% hardisk dapat bertahan hingga 4 tahun. Dan kurang dari 20% hardisk sudah rusak sebelum 4 tahun.

Jadi, Anda dapat memperkirakan kapan Usia Hardisk Anda harus diganti. Tetapi perlu Anda ketahui, hasil yang diperoleh oleh “The online backup service” adalah hasil yang didapatkan dari hardisk mereka yang selalu digunakan dan berputar terus menerus.
Sampai saat ini, Blackblaze belum memiliki data kerusakan hardisk untuk lebih dari 4 tahun akan tetapi, dari hasil eksplorasi yang dilakukan oleh Blackblaze diprediksi bahwa rata – rata usia hardisk lebih dari 6 tahun untuk hardisk dengan waktu pemakaian laptop atau komputer normal.

sumber : lifehacker.com | ditulis ulang oleh Haris Widodo (Sorry For Bad Translate)

7 comments:

  1. wah cuma 4 tahun yah umurnya...pantesan punyaku udah error mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitulah, rata-rata 4 tahunan, jika setiap hari hardisk berputar seperti untuk server website, dsb.

      namun kalo untuk pemakaian normal kok 4 tahunan, pasti ada yang salah dengan perawatannya. :>)

      Delete
  2. berarti kalau kita punya laptop atau komputer digunakan seperlunya aja ya supaya awet

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya, pertanyaan itu yang bisa jawab adalah pemilik laptop atau komputer itu sendiri.

      Kan pemakaian laptop atau komputer sesuai kebutuhan masing-masing. misalnya kalau saya, rata - rata laptop menyala selama 12 jam sehari. :)

      Delete

Hi! :)

 
Top