Dawet Ayu Adalah Minuman Khas Banjarnegara yang sudah melegenda dan sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke Luar Negeri. Dawet Ayu ini merupakan Minuman yang Dikembangkan secara turun temurun. Dawet Ayu berasal dari Rejasa, Kabupaten Banjarnegara dan hampir semua orang yang tinggal atau singgah di Kabupaten Banjarnegara pernah meminum segar manisnya Dawet Ayu ini.  Dawet Ayu Banjarnegara merupakan minuman HALAL yang terbuat dari gula jawa asli dan daun pandan sebagai pewarna alami sekaligus penambah cita rasa yang melegenda. Dawet Ayu ini sebenarnya hanya memiliki 1 macam rasa saja, yaitu rasa campuran antara Santen ( Air Kelapa yang di parut ), Gula Jawa Asli, dan pati yang diberi pewarna Daun Pandan, Namun seiring perkembangannya Dawet Ayu memiliki Rasa Buah Durian, Buah Nangka, dll.

                Asal Usul nama Dawet Ayu Asli Banjarnegara.

Nama Dawet Ayu Asli Banjarnegara dahulu hanya bernama DAWET. Namun Ketika Mantan Presiden Soeharto (Alm) datang ke Banjarnegara untuk meresmikan Waduk/Bendungan Terpanjang Di Asia Tenggara yaitu Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman. Presiden Soeharto Disuguhi Makanan dan Minuman khas Banjarnegara, Minumannya adalah Dawet. Karena Rasa Dawet yang Disuguhkan Begitu nikmat dan segar, sehingga Presiden Soeharto Memberikan Nama Dawet itu menjadi DAWET AYU sesuai dengan keadaan Alam Banjarnegara yang pada waktu itu masih Gilar-Gilar (Asri,Ayu).

Setelah Memberikan nama Dawet menjadi DAWET AYU, banyak bermunculan pedagang atau pembuat minuman Dawet yang berada diluar Kabupaten Banjarnegara memberikan nama Dawetnya dengan DAWET AYU yang tentu saja dawet ini Dawet Ayu “palsu”. Oleh Karena itu, pemerintah kabupaten Banjarnegara Menambahkan Dawet Ayu menjadi Dawet Ayu Asli Banjarnegara. Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat tahu kalau Dawet Ayu itu Aslinya Dari Banjarnegara.

                Dawet Di Indonesia


Dawet Ayu Asli Banjarnegara kini menjadi minuman yang memiliki cita rasa dan keunikan, karena hal ini pula banyak bermunculan pedagang dawet yang berada di luar Kabupaten Banjarnegara dengan memberikan nama Dawetnya Dawet Ayu Asli Banjarnegara. Hal ini bertujuan untuk menarik konsumen agar tertarik dengan dawetnya, walaupun sebagian besar pedangang Dawet di Seluruh Indonesia adalah Putra-Putri Asli Banjarnegara jadi tidak salah jika namanya Dawet Ayu Asli Banjarnegara. Nama Dawet Ayu Sendiri di Indonesia bermacam-macam seperti di Kota-Kota Besar Indonesia lebih dikenal dengan Sebutan CENDOL.

“Ayo Sukseskan Pesta Blogger Banjarnegara 2013”

0 comments:

Post a Comment

Hi! :)

 
Top