Assalamu’alaikum Wr Wb

Kali ini saya akan melanjutkan post yang menjadi popular post di blog Hariez Gibbs, tahukan ? itu loh posting yang berjudul “ Akibat buruk melepas baterai Laptop saat di charge “. Jika belum pernah membacanya, alangkah baiknya baca dahulu agar bisa mengikuti post ini.

Postingan ini saya beri judul sama, yaitu Akibat Buruk Melepas Baterai Laptop saat Di charge tetapi saya tambahkan part II, jadi judulnya “Akibat Buruk Melepas Baterai Laptop saat Di charge part II”. Jika di part I saya menjelaskan akibatnya secara umum, kali ini saya akan menjelaskannya secara spesifik alias khusus. Jadi buat para komentator sadis di part I alangkah baiknya membaca lanjutan ini. OK langsung saja saya mulai!

Melepas baterai laptop saat di charge memang cukup berbahaya. Inilah pengalaman saya sendiri beberapa waktu lalu, pada hari rabu 12 desember 2012 saya mencoba mencharge laptop ASUS X401U dengan melepas baterai laptop. Memang laptopnya menyala dan normal saja, tetapi saya sedikit was-was karena LCD laptop ASUS X401U semakin lama semakin buyar tampilannya. Akhirnya saya men-shutdown laptop saya dan memasang kembali baterai laptop saya tetapi ada keanehan yang terjadi, yaitu LCD laptop ASUS X401U tidak menyala padahal mesin laptop sudah menyala, sampai disini saya semakin was-was kalau laptop yang baru saya beli 6 hari lalu rusak hanya karena melepas baterai saat di charge, padahal mereknya ASUS yang terkenal daya tahannya.
Setelah itu saya mematikan laptop ASUS X401U milik saya dan saya hidupkan kembali. Alhamdullilah LCD laptop menyala kembali dengan normal, sampai masuk ke desktopnya, smapai disini semua normal saja. Keanehan muncul kembali saat baterai Laptop ASUS x401U mulai melemah dan saatnya untuk di charge, anehnya touchpadnya malah jadi eror. Jadi setiap saya sentuh touchpadnya, kursor mouse bergerak sendiri dengan gerakan tak menentu, padahal jari saya diam saja di touchpad. Rasa was-was kembali menghantui saya. Namun saya mencoba tenang dan mencari jalan keluarnya, langkah awal yaitu dengan melepas kabel charge di laptop, ternyata langkah ini berhasil menghentikan gerakan cursor mousenya. 

Setelah saya tahu penyebabnya adalah arus listrik dari baterai. Saya men-shutdown laptop kemudian saya charge full dan Alhamdullilah kembali normal seperti sediakala. Dari kejadian ini saya menyimpulkan “ melepas baterai laptop saat di charge memang penuh dengan resiko “.
Mungkin Anda tidak setuju dengan pendapat saya kalau melepas baterai laptop saat di charge berbahaya, saya perlu tekankan disini.
  1. Setiap Laptop itu berbeda, tetapi secara umum sama
  2. Arus listrik di setiap tempat juga berbeda, kadang naik-turun atau stabil.
  3. Pengalaman setiap orang berbeda-beda.
  4. Daya tahan laptop itu berbeda-beda tergantung pabrikannya.
  5. Keberuntungan setiap orang juga berbeda.
Saran saya terhadap pengguna laptop/notebook atau netbook jika memang terpaksa melepas baterai laptop saat di charge yaitu :
  1. Pakailah stabilizer arus/tegangan listrik.
  2. Jika tidak ada stabilizer, pastikan tegangan di tempat Anda mencharge laptop tanpa baterai stabil. Biasanya listrik yang mempunyai daya 900 Watt lebih stabil dari pada 450 Watt saat digunakan bersama peralatan yang lainnya.
  3. Jangan terlalu sering melepas baterai laptop saat di charge. Lebih baik rusak baterai laptop dari pada laptopnya.
Dengan kejadian yang saya alami karena melepas  baterai laptop saat di charge, saya juga menyimpulkan kalau akibatnya masih lebih banyak dan bisa lebih serius dari yang saya alami.

Ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini, ada juga yang mengalami kejadian persis seperti saya yaitu di forum indowebster bisa di lihat dan dibaca DISINI.


Komentar yang Setuju dan Pendapatnya :

Sony Sugi berkata "hai gan gue anak teknik elektro mau sedikit coment ne... sbenernya lebih baik jgn cabut baterei saat di charger dan cabut charger ketika baterai penuh tp klo msh dipake baterainya hbs lg colokin charger lg gan begitu seterusnya krn sistem kerjanya seperti ini : ( pada saat charger di colokkan ic power akan mendeteksi arus yg ada di baterai, jika arus baterai=logikapenuh maka icpower akan cutout atau terputus artinya biarpun kita colokin charger tidak akan terjadi pengisian krn panel ke baterai terputus. lalu sebaliknya apabila arus baterai tidak=penuh maka icpower akan menutup atau tersambung hingga mencapai angka penuh. Nah jika agan melepas baterai latop maka logikanya akan berubah seperti ini "icpower akan mendeteksi baterai=kosong sehingga icpower akan mengalirkan arus secara terusmenerus ke panel baterai shg icpower melebihi panas yg seharusnya dan menyebabkan icpower tdk bekerja scr normal, akibatnya tegangan dan arus yg dikirim ke panel motherbord naikturun dan biasanya ditandai oleh lcd latop yg terasa bergetar/bergaris. klo sdh seperti ini alat2 yg sensitif terhadap tegangan akan terputus atau tdk bekerja. contoh alat2 yg sensitif seperti memori, touchpad, dan keyboard latop. nah nurut aq lbh baik biarin aja baterainya terpasang gan."

19 comments:

  1. You know I never use battery when I operate my PC, after reading this post I put my battery in. .
    Thanks a lot

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak resikonya ya.. kalau punya saya memang sudah low baru di pakek 10 menit sudah drop, sudah waktunya minta ganti...

    mungkin supaya aman jika habis batterynya dan akan di cas sebaiknya di matikan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik kalau untuk panjeran. baterai 10 menitnya di pakai saja.

      ya, sebetulnya di matikan itu lebih baik

      Delete
  3. wah, thanks sob sudah berbagi pengalaman. Soalnya saya juga baru mau ganti batre nih sob :)

    ReplyDelete
  4. betul banget tuh bro... gw udah ngalamin... dan gw segera berbagi tips.. monggo cek
    http://guswirabagus.wordpress.com/2012/07/02/menggunakan-laptop-tanpa-battery-sangat-berbahaya/

    ReplyDelete
  5. Saya tidak bisa mencabut batre ketika laptop dalam keadaan menyala. Karena ketika dalam keadaan terbuka, desain layar HP pavillion dm4 selalu menghalangi jalur keluar batrenya.

    Entah kebetulan atau didrsain begitu. :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo buka batre lid nya ditutup dong....

      Delete
  6. Saya Pake dell... yang udah ada otomatis Switch nya klo batre udah penuh... itu gmana ya???

    ReplyDelete
  7. sama persis pengalamannya, dan sampe sekarang touchpadnya tetep error waktu di cas, ga tau gimana caranya agar kembali ke semula.,
    jadi waktu dicas laptopnya ga bisa dipake karena error touchpadnya.,

    ReplyDelete
  8. laptop saya acer 4315 udah dari awal 2008 nga' pernah pake baterai.. :), tapi syukur ampe skarang masih bagus.. :),

    kalo menurut saya, teknologi di adaptor laptop itu rata" sanggup untuk menerima tegangan listrik yang nga' stabil dari PLN kok.. ratingnya biasa antara 100-240v,

    yang harus di perhatikan kayaknya terminal" di stop kontaknya bagus ato nga' ... soalnya kalo longgar/nga' rapat, itu yang bisa bikin rusak peralatan.

    ReplyDelete
  9. para agan2 gue mo nanya ne laptop gua asus x401u. saat gua charger gak bisa mati, gua shutdown malah restart2 ndiri, ne smpe berulang kali gua coba shutdown hasilnya tetep sama restart trus...
    tp kalau charger'y gua lepas trus gua shutdown baru bisa mati...
    gimana ne solusinya,? minta bantuan'y ya...

    ReplyDelete
  10. Thanks Borow, Info yang sngat bermanfaat! :)

    ReplyDelete
  11. persis kayak pengalaman gue
    tapi klo touchpad gue errornya klo gue tancepin hp sebagai modem trus hpnya di cas
    selain itu normal

    ReplyDelete
  12. hai gan gue anak teknik elektro mau sedikit coment ne... sbenernya lebih baik jgn cabut baterei saat di charger dan cabut charger ketika baterai penuh tp klo msh dipake baterainya hbs lg colokin charger lg gan begitu seterusnya krn sistem kerjanya seperti ini : ( pada saat charger di colokkan ic power akan mendeteksi arus yg ada di baterai, jika arus baterai=logikapenuh maka icpower akan cutout atau terputus artinya biarpun kita colokin charger tidak akan terjadi pengisian krn panel ke baterai terputus. lalu sebaliknya apabila arus baterai tidak=penuh maka icpower akan menutup atau tersambung hingga mencapai angka penuh. Nah jika agan melepas baterai latop maka logikanya akan berubah seperti ini "icpower akan mendeteksi baterai=kosong sehingga icpower akan mengalirkan arus secara terusmenerus ke panel baterai shg icpower melebihi panas yg seharusnya dan menyebabkan icpower tdk bekerja scr normal, akibatnya tegangan dan arus yg dikirim ke panel motherbord naikturun dan biasanya ditandai oleh lcd latop yg terasa bergetar/bergaris. klo sdh seperti ini alat2 yg sensitif terhadap tegangan akan terputus atau tdk bekerja. contoh alat2 yg sensitif seperti memori, touchpad, dan keyboard latop. nah nurut aq lbh baik biarin aja baterainya terpasang gan.

    ReplyDelete
  13. thanks ya gan atas infonya.....

    untung ada agan kalo nggak , yaaaa,,,... rusakdeh notebook gua...

    ReplyDelete
  14. wkkwkwwk lucu juga ini blog dan coment an nya.
    namanya charging ya pasti ada baterai lah.azz charge baterai=mengisi baterai.wkwkwk
    gimana caranya lo ngecharge tapi ga ada baterainya?wkwk
    1. baterai di pasang di laptop > di charge > penuh , chargenya di cabut > kosong, charge lagi. kalo hal ini anda lakukan kemungkinan dalam 1 tahun baterai anda akan bocor, dan dalam 2 tahun adaptor anda akan jebol<< dalam pemakaian normal pekerja kantoran. kalo baterai sampe bocor harganya bisa 5X harga adaptor.

    2. baterai di simpen, main laptop hanya pakai adaptor. adaptor itu punya AC dan DC yg mengatur ke stabilan listrik.cek di biosnya stabil ga listrik yg di kirim adaptor ke laptop (bukan PLN ke adaptor) / listrik output adaptor ke laptop. biasanya asal listriknya ga anjlok sih pasti tetep stabil. kalo anda lakuin prosedur ini baterai anda bisa awet. makin jarang anda pakai makin awet. tapi adaptornya cpt jebol. paling 1-2 tahun adaptor jebol.

    3. kalo baterai di pasang > di charge sampai penuh > adaptor ga di cabut. palingan ga sampe setahun biasanya baterainya jebol.wkwk
    logikanya HP dalam keadaan hidup normalnya di charge 1 jam udah cukup 100%. tapi anda charge 6 jam pasti tuh baterai hp bakal gendut. sama aja kayak laptop kalo udah penuh tapi ga di cabut daya input lstriknya ya jebol juga baterai.
    ga ada istilah otomatis berhenti charge atau apalah itu.
    kalo ADA otomatis charge berhenti jika penuh GAMUNGKIN brand sekelas DELL ada fitur untuk STOP CHARGING.

    jadi untuk agan agan semua yg agan lakukan ada resikonya.
    pilih baterai atau adaptornya yg rusak duluan.
    bagi ane lebih baik adaptor dibanding baterainya.

    quote :
    Saran saya terhadap pengguna laptop/notebook atau netbook jika memang terpaksa melepas baterai laptop saat di charge yaitu :

    1. Pakailah stabilizer arus/tegangan listrik.
    2.Jika tidak ada stabilizer, pastikan tegangan di tempat Anda mencharge laptop tanpa baterai stabil. Biasanya listrik yang mempunyai daya 900 Watt lebih stabil dari pada 450 Watt saat digunakan bersama peralatan yang lainnya.
    3.Jangan terlalu sering melepas baterai laptop saat di charge. Lebih baik rusak baterai laptop dari pada laptopnya.

    jawaban ane
    1. jangan stabilizer gan, skalian UPS.wkwk
    2. jangan di pastikan tapi di cek di bios
    3.lepas baterai laptop saat laptop mati jangan pas di charge, kalo baterai udah di cabut baru nyalain laptop tanpa baterai tapi dengan adaptor. percaya dah laptop aman, baterai aman, adaptor ga aman.hehe
    1 lagi tergantung sih laptop agan merk apa. kalo sekelas apple, dell sih gamasalah. tapi kalo brand kayak HP yg compaq, acer yg notebook sih paling cpt jebol mobonya.wkwk

    salam anon

    ReplyDelete
  15. Mau tanya dong.
    Saya pake ASUS X401U. Kejadiannya sama persis seperti penjelasan diatas. Kira - kira solusinya gmn supaya nyalanya normal kembali. Karena sekarang laptop saya nyalanya jadi lama bgt gara - gara sering dilepas baterainya. Dan listriknya tidak stabil.

    ReplyDelete
  16. gan, mau nanya nih.. Kenapa touchpad saya klo dicharger kek ga stabil gitu? Jadi setiap saya sentuh touchpadnya, kursor mouse bergerak sendiri dengan gerakan tak menentu, padahal jari saya diam saja di touchpad. Saya ga pernah ngecharger dalam keadaan baterai dilepas juga. Mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top