1. Suhu Hard disk terlalu panas


Faktor suhu sangat berpengaruh pada kelangsungan fungsi hard disk. Jika panasnya terlalu tinggi, pembacaan data pada hard disk akan menjadi lambat. Bila dalam jangka waktu lama hal ini bisa memperpendek usia hard disk anda.

Solusinya : Bersihkanlah sirkulasi udara di CPU anda dari debu agar  pertukaran udara menjadi lancar sehingga suhu hard disk tidak terlalu panas. Bila perlu gunakan Fan Cooler untuk hard disk agar suhu hard disk tidak terlalu panas.

2. Guncangan

Guncangan keras yang terjadi pada CPU akan menyebabkan kerusakan pada hard disk secara fisik. Pada saat bekerja, head hard disk mengambang di atas permukaan piringan. Guncangan atau getaran akan menyebabkan head hard disk menyentuh bagian – bagian magnetik hard disk.

Solusinya : Hindari guncangan keras atau getaran pada CPU dan jangan letakkan CPU di atas permukaan yang tidak rata.

3. Kerusakan komponen

Kekuatan komponen – komponen pada hard disk sangat tergatung pada kualitas pabrikan dan cara penggunaannya. Penggunaan yang berlebihan (sering melakukan copy-paste program yang memory nya cukup besar sehingga  memakan waktu lama dalam proses copy-paste nya,sering melakukan install dan uninstall program, sering melakukan format hard disk, sering melakukan instal ulang sistem operasi) akan menyebabkan suhu panas yang tinggi sehingga komponen – komponen akan cepat rusak.

Solusinya : Pilihlah hard disk yang sudah terkenal bagus kualitas pabrikannya. Gunakanlah hard disk secara normal dan sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Mematikan komputer tidak sesuai proses prosedur

Mematikan komputer  tidak sesuai proses prosedur yang dianjurkan (mematikan langsung dengan menekan tombol power di CPU) secara sering, akan menyebabkan kerusakan pada hard disk karena head yang sedang bekerja akan berhenti tidak pada posisi aman ketika mematikan komputer secara sembarangan.

Solusinya : Matikanlah komputer sesuai proses prosedur yang dianjurkan karena akan menempatkan posisi head di track yang aman.

5. Terputusnya aliran listrik


Aliran listrik yang padam tiba – tiba juga berpengaruh terhadap perangkat komputer khususnya hard disk. Head yang tadinya sedang bekerja menjadi berhenti secara terpaksa karena aliran listrik yang padam atau turun. Sama halnya jika mematikan komputer tidak sesuai proses prosedur yang dianjurkan, posisi head nantinya akan terhenti di posisi track yang tidak seharusnya.

Solusinya : Gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk mencegah kerusakan hard disk jika dilokasi rumah anda sering terjadi padam aliran listrik.


Sumber: lonelycool.blogspot.com

8 comments:

  1. pengalamanku pernah menjatuhkan hardisk langsung rusak sob. Padahal bnyak data pentingnya. Jadi sedih kalau ingat hehe...

    ReplyDelete
  2. @Budhy Justicefarm huhuhuhuhuh :berduka Cita

    ReplyDelete
  3. betul mas.. terutama laptop kalau mau dibawa kemana mana pastikan dalam kondisi mati....

    ReplyDelete
  4. Kira kira kalo Laptop sering di hibernate pengaruh nggak ya sama Hard Disk?

    Soalnya jarang tak Shut Down kalo paling2 mau istirahat sebentar :D

    ReplyDelete
  5. no 5 yg paling sulit dicegah :)

    ReplyDelete
  6. saya sering instal&uninstal program, sering instal ulang windows karena tidak pake antivirus, harddisk saya kok baik2 saja,,,,
    menurut saya rusaknya harddisk tu cuma dari goncangan seperti terjatuh, mematikan komputer tidak sesuai prosedur, dan terputusnya aliran listrik itu saja...

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top