Windows... Siapa sih yang tidak kenal dengan mana itu ?  Sistem Operasi Komputer yang paling populer saat ini dan hampir setiap orang di belahan dunia manapun menggunakan Windows sebagai Sistem Operasi yang merupakan bagian penting dari komputer. Bahkan pernah ada anggapan kalau yang namanya komputer ya ada windowsnya, anggapan ini sering di percayai oleh orang yang belum tahu seluk beluk komputer, yang mereka tahu hanya tinggal pakai saja seperti di warnet. Begitupun Saya, saya dulu juga menganggap demikian. Sudah terasakan ? bagaimana populernya sistem operasi windows, bahkan akibat dari kepopulerannya membuat sistem operasi yang satu ini sebagai " ladang " dari virus komputer dan paling sering terkena hack! Nah, because it, saya akan memberikan 10 jurus sakti mencegah virus masuk ke komputer/laptop kita. Berikut jurusnya : 

1. Selalu lakukan scan terhadap flashdisk yang masuk ke dalam PC dan laptop anda.

Langkah ini merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan! Karena penyebaran virus lewat media flash disk masih banyak terjadi dan anehnya, pemilik flash disk tersebut terkadang tidak tahu kalau flash disknya sudah menjadi sarang virus ganas maupun ringan. Nah maka dari itu kita wajib men-scan setiap flash disk yang masuk ke komputer atau laptop kita sebagai langkah awal menghalau virus masuk dan menginfeksi komputer kita.

2. Scan juga Cd yang masuk ke dalam Cd drive anda.

Jurus kedua ini mirip dengan jurus pertama. Tetapi untuk men-scan sebuah CD atau DVD memang lebih repot, terutama CD atau DVD yang hanya bisa sekali tulis atau CD R. Maka dari itu, hal terpenting ialah saat Anda akan mem-burn file atau data pastikan file tersebut bebas dari virus dan worm.

3. Lakukan scan terhadap harddisk Anda, tiap kali akan mulai bekerja dengannya.

Scan harddisk merupakan jurus ketiga yang tidak kalah pentingnya. Scan harddisk ini selain untuk men-scan Virus, juga bisa digunakan untuk membuat komputer lebih bekerja dengan cepat karena virus yang terdeteksi ( jika ada ) akan dihapus dan hal ini tentu saja membuat harddisk Anda lebih aman dari serangan virus saat bekerja. Sebaiknya Scan Harddisk saat akan mulai dan sesudah selesai bekerja dengan komputer atau laptop Anda.

4. Proteksi flash disk anda, jika anda memasukaannya ke dalam PC atau notebook orang lain.

Jurus ke empat ini merupakan jurus optional. Karena semua itu tergantung kepada Anda, Anda dapat men-scan flash disk itu di tempat Anda sendiri. Tetapi saya merekomendasikan agar Anda melakukan proteksi terhadap flash disk Anda, selain lebih aman, hal ini juga tidak boros waktu. Namun, proteksi flash disk ini akan memakan space flash disk. 

5. Jangan sembarangan men-download attachment.

Ini merupakan jurus kelima yang dikhususkan ke Avatar. Begitu juga kepada Anda yang sering download mendownload file maupun gambar. Pastikan file yang Anda download udah ter-scan oleh penyedia download Anda dan ada stempel bebas virus! Jangan sekali-kali mendownload file yang mencurigakan dan tidak dikenal, karena virus, worm, spyware, trojan dan hacker bisa mengawasi Anda melalui file mencurigakan tadi!

6. Selektif dalam membuka e-mail.

Hampir setiap orang didunia saat ini mempunyai email. Baik yang punya komputer dan laptop pribadi, maupun yang hanya punya handphone. Dengan berkembangnya email di dunia ini, ini juga menjadi sasaran empuk penjahat cyber untuk melakukan aksinya lewat email, baik hanya sekedar spam sampai ke penipuan! Wow.:-) begitu juga dengan virus, virus ini biasanya diselipkan pada file yang terlampir pada email tersebut. Jadi kalau kita mendapat email yang tidak dikenal, alangkah baiknya kita biarkan saja atau me-remove email itu sekalian.

7. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer anda.

Untuk apa kita mempunyai antivirus paling hebat di dunia tetapi database virusnya tahun 2005. Virus yang tercipta diatas tahun itu ya masih dapat bebas berkeliaran dan menyerang komputer dan laptop milik Anda. Jadi update selalu antivirus anda merupakan hal terpenting dan paling dianjurkan untuk mencegah dan men-scan virus, worm dan trojan nakal.

8. Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang virus.

Jangan hanya membuka facebook dan twitter saja! Kedua situs itu hanya menyediakan status dan twit galau dari " teman-teman " kita. Sesekali bukalah situs yang membahas tentang virus dan komputer kayak situs ini. Jadi kita bisa melakukan langkah awal jika terkena serangan virus itu. Jadilah Anda orang yang paling narsis masalah virus.

9. Men-download microsoft outlook security patch ke dalam sistem komputer anda.

Dengan mendownload ini, maka komputer anda akan terlindungi melalui server microsoft jika terhubung ke internet beberapa waktu, untuk info lebih lanjut. Cari di google aja dan untuk mendownloadnya dapat mencari link downloadnya di google.

10. Menonaktifkan windows scripting host.

WSH atau yang dikenal sebagai Windows Script Host adalah salah satu option yang disediakan oleh Microsoft untuk menjalankan aplikasi VBS. Dengan berkembangnya virus-virus di dunia maya sekarang ini, banyak sekali para pembuat virus menggunakan fasilitas tersebut untuk menjalankan virus-virus yang berektensi VBS. Sebut saja virus VBS.Redlof dan VBS.Lovelorn mungkin masih banyak lainnya yang akan menyusul.

Untuk bagaimana cara mematikan windows script host, Anda dapat mengklik link ini.


19 comments:

  1. wehhhh keren niee sobb

    ReplyDelete
  2. makasi niee sobb info nyaaa keren nieee... jadi tau sekarang

    ReplyDelete
  3. @galedeg dikunjungi master nih. hehehe

    ReplyDelete
  4. sekali sekali silaturahhmi sobb

    ReplyDelete
  5. waduh kalau virus sih kayaknya lebih baik pasrah deh.... habis kadang kadang yang baru ga bisa dihindari sih...

    ReplyDelete
  6. Nice weblog herе! Additionally yοur web ѕіte a lot up νегу faѕt!

    Whаt ωeb host are уou the usage of?

    Can I am getting уour assοciate hуperlink on уour host?
    I ωаnt mу wеb ѕіte lοaded up as quicκly as уοurs lоl
    My blog - bangladesh Railway

    ReplyDelete
  7. tidak ada cara lain lagi...??? soalx aq dha coba tapi tetap sj virus dr internet masuk ke komputer aq....!!!

    ReplyDelete
  8. @Anonim pake avast internet security aja

    ReplyDelete
  9. mencegah firus masuk sekarang memang banyak caranya ya gan,..sip sip,..:D

    ReplyDelete
  10. I was recommended this web site by my cousin. I'm not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks!
    Here is my website uninterruptible power supply

    ReplyDelete
  11. .. tapi walo pun udah waspada namun ttp aja kayak gitu. huhh ..

    ReplyDelete
  12. Mampir sob, dah lama gak update nih hehehe...

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top