Macam-Macam Hacker
Hacker…. Sebagian orang menganggap Hacker bersifat negative dan selalu berbuat kejahatan di dunia maya. Namun hacker sebenarnya adalah seorang / sekelompok orang yang ahli dalam bidang IT. Pada jaman dahulu hacker adalah julukan untuk orang yang membuat program, tetapi di jaman sekarang hacker selalu berkonotasi negative. Agar tidak salah mengartikan hacker ada baiknya baca jenis-jenis hacker berikut ini :

1.       Cyber Criminal
Adalah Hacker yang terdiri dari sekelompok besar Hacker jahat yang memakai malware untuk mencuri uang korbannya. Mereka biasa menyusupkan Malware tersebut melalui program aplikasi crack seperti IDM Crack atau yang lain. Cara kerja mereka adalah dengan melakukan pencurian password, akun bank dan pembobolan bank.

2.       Spammer dan penyebar Addware
Hacker jenis ini selalu menyebarkan spam dan iklan illegal yang berfungsi untuk menjala uang. Hacker jenis ini di desas-desuskan dibayar oleh perusahaan tertentu untuk menjual produknya. Tetapi tidak jarang Hacker jenis ini berdiri sendiri untuk menjual produk sendiri.

3.       Hacktivist
Hacktivist menurut saya adalah jenis hacker yang paling berbahaya, karena hacker ini dalam melakukan aksinya berlandaskan politik, agama, keadaan social, usia hingga keyakinan. Hacker jenis ini tidak segan-segan mengobrak abrik situs milik lawannya, membuat server down bahkan membuat computer milik korbannya rusak! Contoh hacker jenis ini adalah kelompok Anonymous.

4.       Mata-mata perusahaan
Sesuai namanya, Hacker yang satu ini ter-organisir dalam sebuah perusahaan untuk mematai-matai perusahaan milik lawannya. Yang biasa di mata-matai oleh hacker ini adalah keadaan financial perusahaan lawannya, produk baru lawannya, hingga karyawan perusahaan.

5.       Advanced Persistent Threat (APT) agent
Hacker jenis ini wilayah kerjanya terorgansir, terdiri dari grup-grup besar yang didanai oleh pihak ‘berduit’ untuk melakukan kejahatan di Internet. Hacker ini memiliki tujuan jangka panjang, biasanya hacker ini melakukan kejahatan seperti mencuri property intelektual sebuah perusahaan. Mereka menjiplak ide perusahaan lain untuk direalisasikan di wilayah mereka, atau menjual informasi tersebut ke penawar tertinggi. Jual Beli informasi ini bukanlah di situs-situs jual beli resmi, tetapi di pasar gelap.

6.       Rogue Hacker

Hacker yang satu ini dapat dikatakan hacker yang aman, karena meraka tidak melakukan obrak-abrik Internet atau bisnis orang lain. Mereka hanya pamer kemampuan pada lawan mereka atau sedang tertantang untuk melakukan tindakan illegal. Rogue Hacker akan menyudahi aksinya jika lawannya sudah mengakui kehebatannya, situs yang siobrak-abrik biasanya situs lawannya. Rogue Hacker yang nekat bias mengobrak-abrik situs orang lain sebagai ajang pamer diri tetapi ini jarang terjadi.

7.       Cyber Warriors

Dari namanya dapat  disimpulkan perang! Ya, ini adalah perang para Hacker melawan Hacker dari wilayah lain, grup lain bahkan Negara lain. Cyber Warriors sering terjadi di dunia Internet, salah satunya adalah perang Hacker Indonesia Vs Malaysia dengan mengobrak-abrik situs pemerintah untuk di permalukan kepada dunia. Tetapi biasanya tujuan akhir dari Cyber Warriors adalah untuk melumpuhklan kekuatan militer lawan.

8 comments:

  1. Wah komplet neh sob penjelasan tentang hackernya hehehe... Memang kadang banyak yang salah dalam menilai hacker yang dianggap cracker.

    Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. wadouuuww, banyak nian jenis hacker ya? Yg jd mata-mata perusahaan itu enak dunk dapt double gajinya..

    ReplyDelete
  3. woduh banyak juga ya... kira kira waktu website saya ke hack itu sama tipe yang mana ya....

    ReplyDelete
  4. @Ririe Khayan iya kali.. aku gak tahu.. hehehe

    ReplyDelete
  5. yang penting jangan ngerusuh sama web2 gratis.. :D

    ReplyDelete
  6. wahh
    Baru sya bru tahuu nihhh

    Mksh ya gan

    ReplyDelete
  7. kalo lawan dari hacker apa gan ?

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top