Menggunakan Linux Tak Sesulit Yang di Bayangkan

 

cara mudah instalasi Aplikasi/Program di Linux

      Kebanyakan Orang menganggap kalau memakai Linux hal yang paling sulitnya adalah ketika akan menginstal suatu program atau aplikasi. Menginstal Aplikasi/Program di Linux tentu sangat berbeda dengan Windows, Karena kalau di Windows cara untuk menginstal aplikasi ya tinggal next-next-next (bener gak ?!). Mengisntal Aplikasi/Program di Linux jika sudah terhubung ke Interner memang sangat mudah, kita tinggal memasukan perintah di Terminal (kalau Windows Command Prompt) 'sudo apt-get....' maka secara Otomatis komputer akan melakukan perintah kita untuk menginstal Aplikasi/Program tersebut. Nah cara instalasi yang demikian dinamakan Instalasi Aplikasi/Program secara “ONLINE” dan syaratnya harus terhubung kee Internet untuk mendapatkan Aplikasi/Program tersebut dan lamanya instalasi tergantung dari seberapa cepat koneksi internet yang kita miliki.

Lalu ada yang bertanya “Bagaimana cara untuk menginstal Aplikasi/Program di Linux tetapi saya tidak terhubung ke Internet?” 
Jawab :

      Caranya mudah dan bisa dipelajari asalkan ada kemauan. Untuk menginstal Aplikasi/Program di Linux tetapi kita tidak terhubung ke Internet atau terhubung tetapi kecepatan transfer datanya berkisar anatara 20Kbps-10Kbps alias LAMA maka solusi yang paling pas adalah dengan mendownload Aplikasi/Program tersebut boleh di Warnet, Minjem, WI-FI umum atau dimanapun.

      Setelah selesai mendownload Aplikasi/Program tersebut kita dihadapkan pada proses Instalasinya. Jika di Windows untuk Instalasi Aplikasi/Program mudah, itu dikarenakan file yang kita download biasnya ber-extensi .exe sehingga kita dapat mengisntal secara langsung tanpa ribet. Namun berbeda dengan Linux, terutama untuk distro turunan Debian yang ber-extensi .deb. Dari mulai mendownload Aplikasi/Program tersebut sampai proses Instalasinya. Biasanya kalau kita mendownload Aplikasi/Program untuk Linux maka file tersebut akan di kompres menjadi .zip .tar.gz .tar.bz2 dll. Untuk itu kita harus meng-ekstrak file tersebut sehingga menjadi suatu folder yang didalamnya ada file ber-ekstensi .deb dan setelah sampai disini, cara menginstalasinya yaitu dengan :

1.  Klik kanan pada folder tadi.
2.  Pilih 'Buka Terminal Di Sini'
3.  Setelah itu ketikan perintah sudo dpkg -i *.deb
4.  Lalu masukan Password kita sebagai admin.
5.  Tunggu Proses Instalasinya.
6.  Jika sudah selesai maka Terminal dapat di close.

      Caranya hanya seperti itu dan ini merupakan cara yang paling mudah yang pernah saya lakukan untuk menginstalasi Aplikasi/Program di Linux tanpa terhubung ke Internet (instalasi secara ofline).
      Namun perlu diketahui! Jika proses tersebut gagal berarti folder hasil ekstrak tadi tidak ada file .deb dan ganti dengan file yang lain yang ada di folder tadi. Sebagai contoh filenya ber-ekstensi .jar maka perintahnya adalah sudo dpkg -i *.jar (entah berhasil atau tidak). Tetapi jika tetap tidak bisa maka kalian bisa searching di Google atau tanyakan pada Forum-Forum terkait seperti kaskus.us, Ubuntu Indonesia atau Forum Ubuntu International.

12 comments:

  1. Ada juga sob yang tinggal next2, tergantung yang bikin programnya. kalo open office aku pernah install tinggal klik file exuteblenya terus jalan sendiri.

    Sudah agak lupa aku sob, dulu pernah juga make linux hehehe... thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. @Anak Rantau beruntung ente sob... ane malah lewat terminal dulu.

    ReplyDelete
  3. owww, emang sih lebih gampang dia, memang sih mereka lebih open dan gratis, beda sama window yg berbayar, tapi fungsinya sih gak jauh beda, nice sob :D

    ReplyDelete
  4. @Stupid monkey bener bang.. lebih hbaik yang gratis gitu,, hehehe

    ReplyDelete
  5. saya belum mengerti soal linux, tapi kepengen belajar juga :D

    ReplyDelete
  6. Linux, wuiiihh..... ini niy yg jadi mata kuliahku. emang siy gak sesulit yg dibayangkan, tapi karena pikiranku ruwet jadinya suliiittt..... wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. @vie_three wew... ruwet pasti karena gak di ruwat. hehehe

    ReplyDelete
  8. kenapa sih linux gak dibuat persis microsoft windows aja, kan lebih enak memasyarakatkannya,
    salah satu yang di gembar-gemborkan penawar linux kan linux gak perlu lisensi tuh, kenapa gak sekalian aja bikin yang persis windows,

    ReplyDelete
  9. ada lagi, kenapa semua aplikasi yang ditawarkan untuk linux kualitasnya mendekati microsoft atau mirip saja? kenapa gak pernah melebihi dalam hal kenyamanan, presisi, atau kalau perlu persis sama?

    answer: Kenapa gak kembangin aja sendiri?
    I: Saya cuma pengguna, kasian kan untuk pengguna yang lainnya yang cuma pengguna saja dan gak punya kesempatan lagi untuk mengembangkan. ngabisin waktu.

    ReplyDelete
  10. ayo kita coba cara ini
    sapa tau aja linux gw ngga bengong aja kerjanya :D

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top