Kawan adalah orang-orang yang bisa membuat kita hidup di dunia ini tidak sendiri. Kawan yang baik adalah kawan yang tidak membuat kita sebagai lawan dan membuat kita berpikir kalau dia kawan bukan lawan. Kawan biasanya disebut juga dengan teman. Mencari teman lebih sulit dari mencari lawan, jika dalam 1 hari kita sudah mendapatkan 100 lawan maka untuk mendapatkan 1 teman yang baik dalam 1 hari sangat sulit didapatkan. Oleh karena itu kita jangan menyia-nyiakan teman kita, walau bagaimanapun kita jika hidup di dunia ini tanpa teman maka kita bagaikan hidup sendiri.

Mencari teman sesungguhnya lebih mudah dari mencari teman yang baik. Karena mencari teman di jaman sekarang sudah begitu mudah, apalagi dengan adanya sosial network seperti facebook, twitter dan google+ yang dalam sehari kita bisa mendapatkan 2 bahkan 111 teman dalam 1 hari. Tetapi teman di sosial network tidak sebaik teman di dunia nyata, teman di sosial network hanya teman maya dan terkadang setelah kita menjadikan mereka teman, mereka cuek dan hanya menggunakan kita sebagai sarana gengsi. Untuk mencari teman yang baik di dunia nyata kita harus selektif agar tidak menyesal dan salah pilih.

Tips untuk mencari kawan atau teman di dunia nyata yaitu :

1. Carilah Teman Berdasarkan Agama.
Tips ini memang terlihat SARA, namun perlu diketahui jika kita mencari teman yang tidak seiman dengan kita tentu akan menjadi perbedaan. Kalau kita tidak bisa menghalau perbedaan tersebut tentu akan menjadikan permasalahan baru yang menyinggung Agama kepercayaan mereka. Tetapi kalau kita sudah bisa menghalau perbedaan tersebut maka tidak ada salahnya kita berteman dengan orang yang berbeda agama.

2. Carilah Teman Yang Sesuai Dengan Kepribadian


Mencari teman merupakan hal yang sering disepelekan. Oleh karena itu kita sering mendapatkan teman yang tidak sesuai dengan kepribadian kita, contohnya kita berteman dengan orang yang suka berbuat onar dan suka minum-minuman keras. Sedangkan kepribadian kita adalah sholeh, sopan, segan dan tidak suka meminum-minuman keras. Tetapi kita berteman dengan mereka yang suka onar, tentu lambat laun kita akan mengikuti teman kita untuk berbuat tidak baik.

3. Carilah Teman Yang Sesuai Dengan Isi Kantong.
Mencari teman memang tidak pandang bulu, entah dia kaya atau miskin, hitam atau putih, laki-laki atau perempuan, jawa atau sunda. Mengapa kita harus mencari teman sesuai dengan kantong kita? Karena jika kita terlahir dari keluarga miskin dan kantong tipis berteman dengan orang yang lahir dari keluarga mampu. Jika teman kita orangnya baik hati dan tidak sombong tentu tidak apa-apa, tetapi jika teman kita pelit dan sombong tentu akan membuat kita sering sakit hati. Sebagai contoh teman kita mempunyai laptop seharga 4 juta dan kita ingin laptop seperti itu. Namun untuk membelinya tidak ada dana dan teman kita semakin sombong, hal ini jika kita tidak sabar maka kemungkinan yang paling buruk yaitu kita menghalalkan segala cara untuk mendapatkan laptop itu.

4. Carilah Teman Senasib.
Mencari teman yang baik haruslah teman yang senasib dengan kita. Karena teman yang senasib sudah pernah tahu nasib yang kita alami dan mengerti keadaan kita. Oleh karena itu teman yang baik adalah teman yang senasib dengan kita.

5. Carilah Teman Yang Bijaksana.
Mencari teman yang bijaksana memang sangat sulit. Mungkin 1 berbanding 1111 di dunia ini, tetapi jika kita sudah menemukannya pasti di setiap kita ada masalah kita bisa meminta saran dan bantuan dari teman kita. Karena orang yang bijak adalah orang yang paling baik untuk di jadikan teman dan sahabat.

6. Carilah Teman Dari Segi Umur.
Mencari teman baik dari segi umur perlu diperhatikan. Jika kita berteman dengan orang yang lebih tua dari kita maka kita akan mendapatkan banyak pengalaman yang membuat kita semakin dewasa. Namun jika kita berteman dengan orang yang berumur lebih muda dari kita, jika perbedaan umur itu mencolok sekali seperti 15 tahun dengan 7 tahun maka kita akan mengikuti teman muda kita jika kita tidak bisa membimbingnya. Tentu kita tidak ingin bukan jika kita tua tetapi kedewasaan kita malah diam ditempat dan yang lebih parahnya mundur lagi.

7. Carilah Teman Yang Bisa Memahami Diri Kita.
Mengapa harus mencari teman yang bisa memahami diri kita? Karena, kalau kita mencari teman yang tidak memahami diri kita tentu hal ini akan membuat tekanan baik mental maupun fiskal kita. Jika kita sudah mendapatkan tekanan seperti itu maka jalan terbaiknya adalah mencoba menjauh dari teman kita namun dengan catatan jangan terlalu mencolok.



Sobat Gibbs, Tips Ini merupakan cara mencari teman baik menurut Hariez Gibbs. Sobat boleh setuju atau tidak dan Sobat boleh kok untuk protes asalkan jangan di demo aja!
Nah, bagi pembaca yang tak mau berkomentar tetapi mau copy tulisan ini tak apa lah... yang penting cantumkan sumber tulisan ini yaitu Hariez Gibbs.

47 comments:

  1. wuah, aku nggak setuju sama poin satu. Soalnya agama bukanlah penyebab kita tidak memperluas jaringan pertemanan kita.
    Teman yang baik adalah teman yang bisa mengerti kita dan kita juga mampu memahaminya. Jadi, harus ada kata "klop" saat berteman. . .

    ReplyDelete
  2. artikel yang menarik gan, tapi maaf gan, yang poin 1 kurang sependapat,indonesia kan bhinneka tunggal ika, walaupun beda agama, kita tetap manusia yang saling membuthkan dan harus bersatu untuk kemajuan. :D

    ReplyDelete
  3. jiah. . . ternyata nungguin beda pendapat. kirain apaan. . .

    ReplyDelete
  4. ada benarnya apa yang di samapaikan, salah memilih teman akan berbahaya. apalagi kalau kita terbawa arus, contohnya salah memilih teman karena uang seperti yang diceritakan

    ReplyDelete
  5. wah menarik kawan, di sadari atau tidak yang memilih teman karena agama itu juga penting.

    ReplyDelete
  6. Kalo gua bilang semua artikel yang di atas salah. carilah kawan apa adanya, jangan cari kawan yang mengerti akan segala hal yang kita sukai.
    *sotoy

    ReplyDelete
  7. waaaach klo aku gak setuju dengan point yang no.1 n no.3......

    ReplyDelete
  8. satu lagi, carilah teman kaya stupid monkey, hihihiy :D

    ReplyDelete
  9. Aku juga ga setuju nomer satu :p
    Aku punya sahabat yang kadang ga memahamiku, tapi yo wis hihi~

    ReplyDelete
  10. dari teman kita bisa melihat seperti apakah kita? karena teman yang dekat dengan kita pasti hampir sama dengan kita,.:)

    ReplyDelete
  11. setuju sama 2,3,4,5,6,7, :D :D

    ReplyDelete
  12. @Fahmi Setiawan gue setuju ma pemikiran ente sob.. ^_^

    lai pula ini cara pemikiran gue gitu..

    ReplyDelete
  13. @Stupid monkey bang mon gak dicari juga harus di lestarikan biar gak punah..

    kata kementrian lingkunagn hidup

    ReplyDelete
  14. sulit gan mencari hal demikian di jaman seperti ini ...

    ReplyDelete
  15. #manggut2...
    kok aku gak stuju smua yaa,hehhe...#plak
    nyari temen knapa brasa jd ribet bener yaa, mesti begini dn begitu..
    bener siih dgn mmilih kita bs dapet temen yg baik, tp bukannya nobody's perfect?? Temen pun gak ad yg smpurna, pst ad jg kurang atw beda ny dgn kita :D

    Menurutku smua balik kdiri kita masing², boleh temenan dgn sapa aja (yg beda agama, beda umur, beda sifat, dll) krna justru kita bakal belajar saling melengkapi, memahami dan tenggang rasa, sapa tw justru kita bs bawa pengaruh baik buat mereka. pelangi indah krn perbedaan warnanya looh, Yang penting tau batasan dan jgn mudah terbawa arus...
    :D

    ReplyDelete
  16. lebih enak cari teman yang bisa di bodohi, di jadikan budak, di jadikan bank berjalan hehehe.....

    ReplyDelete
  17. Sama seperti yang lain, aku kurang setuju sama tips no 1. Nanti terkesan tidak mau bergaul dengan lain agama. Soalnya aku punya sahabat yang beda agama dan dia ngerti aku banget :)

    ReplyDelete
  18. mkasih nih untuk infonya !!
    bisa jadi bahan perenungan gan ...

    ReplyDelete
  19. mencari teman yg ada 7 hal tsb, susahhhh :D

    ReplyDelete
  20. @Obat Gagal Ginjal Tradisional ya emang susuah.. tapi kalo udah dapet kan enak gan!!

    ReplyDelete
  21. @octarezkasetuju aja...

    iotu juga pendapatku Q^Q

    ReplyDelete
  22. disa'at senang ataupun susah kita saling tukar fikiran sama teman,. itulah gunanya teman. thanks.

    ReplyDelete
  23. Tips yang sangat bermanfaat sob.

    Kalo aku suka cari teman yang hobi bola buat teman begadang hahaha...

    ReplyDelete
  24. . . kalo menurut aq sich, yg mau berteman ma aq siapa pun n dimana pun. it's ocae. karena bagi aq berteman dengan siapa aja tu lh yg terbaik. tanpa pandang dari segi mana pun . .

    ReplyDelete
  25. terlalu sulit gan mencari teman yang bisa memahami kita..

    ReplyDelete
  26. mencari kawan yang ngerti memang susah. kadang - kadang teman cuman mau kalau ada maunya aja.

    ReplyDelete
  27. di zaman sekarang masih ada gak ya temen yang mau di ajak nangis ?

    ReplyDelete
  28. oke kaka,,, mau copas boleh? tapi dikasih kok source nya :D nanti akuu dipenjara lagi :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh koq...
      Wkwkwkwk
      tapi tetep inget source nya cntumin yah.

      Emang blog sobat apa dan dimana alamatnya?

      Delete
  29. untuk kisah ku di sekolah yang sedih buka deh blog ku :http://begginerstory127.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. aku pengen punya temen cowok gendut baik suka nolong pintar an suka bercanda

    ReplyDelete
  31. @raisa aku saranin yah. Kamu jangan nyari temen seperti apa yg kamu pengin, tp nyari temen yg membuat kamu jadi berharga dan ada. Temen yg bisa bikin kamu nyaman.

    ReplyDelete
  32. wah..wah.. nyari temen kok liat agamnya to bung ? jadi org tidka boleh terlalu fanatik, karena fanatisme tehadapa apapun juga tidaklah bagus !!

    ReplyDelete
  33. setuju banget tapi benaran itu bagus????
    saya gak yakin ah!! he he

    ReplyDelete
  34. setuju banget tapi benaran itu bagus????
    saya gak yakin ah!! he he

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top