Bagi kalian yang masih belajar, pasti akan dihadapkan dengan sebuah Ujian atau Tes baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Sebenarnya yang namanya ujian tidak hanya pada orang yang masih sekolah, Tetapi pada semua orang yang masih hidup! Mengapa begitu? Karena manusia yang masih hidup itu sebenarnya sedang mencari ilmu atau belajar, dan setiap belajar pasti akan ada ujian, oleh karna itu ada kata-kata bijak yang berbunyi "carilah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat".


Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang kiat-kiat menghadapi ujian atau tes tetapi kiat ini diperuntukan untuk para pelajar yang masih sekolah. Berikut adalah kiat-kiatnya:

1. Pastikan semua materi yang akan diujikan dipunyai secara lengkap (ini adalah fase penting, karena kekurangan materi yang akan diujikan akan membuat hati menjadi tidak tenang) dan jika masih kurang maka segera lengkapi.

2. Jangan belajar dengan sistem kebut semalam, itu adalah belajar yang tidak efektif karena ketika belajar sistem kebut semalam, otak itu lelah bekerja, kalau otak terlalu lelah bekerja menyebabkan daya konsentrasi menjadi turun.

3. Pastikan anda mencicil belajar satu minggu sebelum ujian atau tes, setidak-tidaknya kita mengetahui gambaran per masing-masing pelajaran, kita bisa mengetahui pelajaran A sulit, B lumayan sulit, C mudah.

4. Buatlah prioritas belajar sesuai tingkat kesulitannya, pelajaran yang sulit akan dipelajari lebih intensif dan memiliki alokasi waktu yang lebih dari pelajaran yang mudah.

5. Buatlah jadwal belajar berdasarkan prioritas belajar, ini akan mengatur jalannya belajar, kalau kamu menepati jadwal belajar yang sudah kamu buat, kamu mencicil sebagai orang yang bertanggung jawab.

6. Carilah cara belajar yang tepat dengan membuat eksperimen sampai kamu benar-benar mendapatkan metode belajar yang paling pas.

7. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan ujian atau tes.

8. Jangan datang ke sekolah dengan kan mepet atau mendekati untuk mengantisipasi terjadi keterlambatan datang ke sekolah karena hal-hal tertentu, karena terlambat datang tidak mendapat tambahan waktu dalam mengerjakan soal ujian atau tes.

Itu tadi adalah tips menghadapi ujian, tulisan ini mungkin akan bermanfaat bagi temen-temen yang masih sekolah, terutama kelas 6 sd, 9 smp, dan 12 sma.

10 comments:

  1. Wah aku dapet info tambahan lagi mengenai UN buat nanti :D

    ReplyDelete
  2. keren. . . . . kiat cari duit juga dong

    ReplyDelete
  3. Kalau aku dulu bikin tulisan kecil2, buat jaga2 kalo2 ada peluang untuk nyontek xixixi....

    ReplyDelete
  4. nah, ayo, semangat-semangat,biar gede gak jadi preman :p

    ReplyDelete
  5. saya sedang belajar menghadapi ujian hidup ini...hehe...

    ReplyDelete
  6. kalau saya dulu sistem kebut semalam hehehe...

    ReplyDelete
  7. eeeh...sistem kebut semalam???
    aku banget tuuh
    *nyengir*

    ReplyDelete
  8. makasih sob,pas benget nih pas mau ujian pas ada informasi buat menghadapi ujian.

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top