Seorang pelajar sukses tidak hanya rajin belajar. Sebenarnya kesuksesan belajar itu merupakan perpaduan kerja keras dan juga disiplin yang dilandasi dengan teknik belajar yang oke pula.
Dari hasil penelitian, ternyata ada banyak siswa yang gagal dalam sekolahnya, bukan karena kurang cerdas atau kurang rajin belajar, tetapi karena tidak begitu mengetahui tentang teknik belajar yang baik.
Nah...! Di sini ada beberapa tips khusus agar kita bisa menjadi pelajar yang sukses dalam belajar.
1. Harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi
         Ada beberapa hal yang bisa menumbuhkan motivasi belajar misalnya ingin berprestasi, rasa ingin tahu, mendapat pujian atau hadiah, dan perasaan takut mendapat nilai jelek.
2. Jangan bosan untuk bertanya
        Orang-orang yang sukses dalam belajar biasanya pula bertanya dan berpikir kritis. Nafsu ingin tahu dan ingin menguasai suatu pelajaran adalah modal penting dalam belajar.
3. Tidak pula menunda waktu
       Kebiasaan menunda waktu mengakibatkan progra belajar kacau, target belajar yang harus dipenuhi menjadi tidak terpenuhi. Menunda waktu sama halnya melepaskan kesempatan untuk belajar. <b>Padahal kesempatan hanya datang sekali.</b>
4. Menyusun program belajar
       Setiap usaha agar berhasil dengan baik membutuhkan perencanaan yang baik. Belajar akan sukses jika dilandasi dengan program belajar yang terarah.
5. Membuat jembatan keledai
       Jembatan keledai berguna untuk mempermudah menghafal. Caranya yaitu dengan membuat singkatan yang menimbulkan kesan mendalam bagi pembuatnya.
6. Membuat ringkasan
       Ringkasan mampu mengungkap kembali pengertian yang terkandung di dalam buku, sehingga kita tidak usai membaca keseluruhan isi buku. Sehingga lebih mudah diingat. Karena tidak terlalu banyak kata-kata yang harus dihafalkan.
7. Belajar dengan berbuat
        Seorang ahli bernama john Dewey menyebut belajar dengan berbuat yaitu <i>learning by doing.</i> Cara ini adalah yang paling efektif. Mempelajari sesuatu tidak hanya mendengar atau membaca saja, tetapi harus aktif membuat adegan dengan benda-benda yang nyata.
8. Menghafal
        Dalam belajar ada hal-hal yang harus dihafalkan di luar kepala. Ada resep yang manjur untuk memudahkan menghafal yaitu seseorang harus memiliki pengertian dahulu tentang bahan apa yang sedang dipelajari.
9. Mengulang
        Kebiasaan seorang pelajar untuk mempelajari kembali bahan pelajaro yang telah diperoleh setiap pulang sekolah adalah sangat baik. Belajar efektif itu adalah belajar dengan sedikit waktu, menghemat daya pikir, namun hasilnya sungguh memuaskan.
10. Tidak mudah puas
         Sikap mudah puas tidak akan mendatangkan kemajuan. Orang yang cerdas tidak akan mudah puas dengan ilmu yang telah dikuasainya. Tumbuhkan rasa tidak mudah puas yang selalu haus akan ilmu pengetahuan.
11. Ciptakan suasana yang damai dan tenang
         Agar bisa belajar dengan tenang kita harus menciptakan ketenangan jiwa. Usahakan dalam belajar jiwa dan pikiran kita harus se-fresh mungkin.


SELAMAT MENCOBA

2 comments:

  1. nice artikel.., buat tambah semangat belajar.
    link ny sudah dipasang tuh.. silakan cek tkp :D

    ReplyDelete

Hi! :)

 
Top